Pemko Medan: Ubah Sungai Jadi Wisata Air

Pemko Medan: Ubah Sungai Jadi Wisata Air

Wakil Walikota Medan, Ir. Akhyar Nasution, MSi  mengajak para pemuda untuk mengubah cara pandang mengenai sungai. Sungai harus dijaga kebersihan dan jadi fokus perhatian bukan jadi tempat yang berada di belakang rumah.

Selama ini sungai dianggap tempat pembuangan sampah rumah tangga dan tidak diperdulikan kebersihannya, akibatnya sungai tidak dapat dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian dan lokasi wisata untuk hiburan keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Akhyar mengajak masyarakat untuk mengubah cara berfikir itu sehingga menjadikan sungai sebagai halaman depan. “Mari kita aktif ikut menjaga kebersihan, karena sungai itu halaman depan rumah kita,” kata Akhyar Nasution pada kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda di Taman Edukasi Avros pada Jumat, 28 Oktober 2016 lalu.

Akhyar berharap agar kejernihan sungai dapat kembali bisa dinikmati seperti dahulu. Akhyar juga mengingatkan agar tidak lupa dengan ‘Sungai Deli Airnya Jernih’.

Dijelaskan Akhyar, Pemko Medan saat ini terus menggelar koordinasi dengan pihak Balai Wilayah Sungai dalam hal penataan wilayah bantaran sungai. Hal ini karena kewenangan untuk pengelolaan sungai tersebut berada pada balai tersebut.

“Kelak Sungai Deli akan bersih dan menjadi kawasan wisata air yang akan menjadi kebanggaan warga Medan. Kalau sungai deli bersih dan lestari, maka target Pemko Medan akan sesuai dengan visinya yaitu sungai sebagai beranda halaman depan rumah kita,” ucapnya sembari menyampaikan harapan adanya dukungan para pemuda Kota Medan

Dalam rangkaian acara tersebut juga dilaksanakan kegiatan bersih-bersih sungai Deli yang melibatkan Laskar Bocah Sungai Deli (Labosude), kemudian menyusuri Sungai Deli hingga ke Kelurahan Kampung Aur. Dalam penyusuran Sungai Deli, disertai dengan kegiatan bersih-bersih mengutip sampah yang berada di pinggiran Sungai Deli hingga membagikan makanan kepada warga yang tinggal di pinggiran Sungai Deli.

Kegiatan juga dihadiri Kepala Dinas Kebersihan Kota Medan Ir H Endar Sutan Lubis Msi, Kwarcab Pramuka Kota Medan HM Husni, aktifis Go River Indonesia, Ketua APSINDO Sumut Arman Chandra. (Yon)

Posted on 2016-10-29 by Rion Aritonang 0 809

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Blog archives

Blog categories

Latest Comments

Blog search

Prev